8 Tips Menghindari Wajah Tersentuh Tangan

Salah satu penularan virus Corona adalah adanya percikan ludah atau dahak yang mungkin menempel pada tangan. Meski Anda telah menggunakan masker, sebaiknya Anda juga tidak menyentuh masker karena bagian luar masker mungkin terpapar virus. Salah satu alasan menyentuh masker adalah letak masker tidak pas. Untuk mendapat ukuran masker yang pas, perhatikan ukuran masker saat di toko jual masker kain.

 

Namun, kebiasaan menyentuh wajah sangat sulit dihilangkan. Padahal, untuk mencegah penularan virus Corona, hal yang harus dilakukan adalah tidak menyentuh area wajah terutama mulut, hidung dan mata karena droplets dapat menular melalui ketiga indera tersebut.

 

Mengubah Kebiasaan agar Tidak Menyentuh Wajah

 

Kebiasaan menyentuh wajah memang tidak dapat dihilangkan begitu saja. Tetapi, saat ini kebiasaan tersebut merupakan salah satu hal fatal bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, berikut beberapa tips untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah:

 

  1. Selalu Ingat Kondisi Saat ini

Terapkan pada kesadaran Anda bahwa saat ini masih berada di masa pandemi. Anda perlu sangat berhati-hati dalam bertindak. Meskipun tidak perlu panik, selalu waspada dengan keadaan sekitar. Pastikan tangan Anda bersih dan tidak habis menyentuh permukaan yang sering dilalui orang lain.

 

  1. Biasakan Tangan Tetap Bergerak

Tangan yang iseng mendarat di wajah terkadang tidak disengaja. Anda bisa saja berpangku tangan atau menggosok hidung. Agar hal-hal yang spontan dan tidak sengaja ini diminimalisir, ada baiknya Anda mencoba untuk selalu menggerakkan tangan.

 

Agar tangan Anda tidak diam saja, cobalah untuk memegang bola stress. Dengan meremas bola stress, perhatian tangan Anda akan teralihkan.

 

  1. Pastikan Kekencangan dan Letak Masker Sudah Pas

Terkadang, masker yang kendur akan bergeser. Karena hal ini, Anda secara tidak sengaja menyentuh area hidung dan sekitar tulang pipi bagian atas untuk membenarkan letak masker. Meskipun menggunakan masker, tangan juga sebaik mungkin tidak menyentuh bagian luar masker.

 

Masker yang pas tidak akan bergeser. Oleh karena itu, melihat ukuran masker saat membeli di toko jual masker kain sangat penting.

 

  1. Gunakan Krim Tangan yang Wangi

Untuk mencegah tangan mendekati wajah, Anda dapat menggunakan krim tangan dengan wewangian. Dengan wewangian, Anda akan menyadari bahwa tangan dekat dengan area wajah. Dengan demikian, wewangian menjadi efek kejut agar Anda segera menjauhkan tangan dari wajah.

 

  1. Gunakan Alat Penggaruk

Apabila Anda merasa wajah gatal dan tidak tahan untuk menggaruk, gunakanlah alat penggaruk untuk menggaruk area yang gatal. Pastikan alat penggaruk telah dibersihkan dengan desinfektan dan bersih sehingga aman bagi wajah.

 

  1. Menggunakan Sarung Tangan Kain

Sarung tangan dapat membantu Anda sebagai tanda bahwa Anda tidak akan menyentuh wajah. Menggunakan sarung tangan juga membentuk pola pikir bahwa menyentuh wajah dilarang.

 

  1. Membuat Tulisan Pengingat

Tulislah di kertas dengan spidol berwarna dan berukuran besar mengenai larangan menyentuh wajah. Letakkan tulisan itu di meja kerja Anda. Selain cara ini, Anda juga dapat membuat alarm pengingat di ponsel pintar Anda.

 

  1. Rajin Mencuci Tangan atau Menggunakan Hand Sanitizer

Apabila Anda tetap kesulitan menerapkan cara-cara di atas, Anda dapat sering membiasakan mencuci tangan atau menggunakan cairan pembersih tangan. Dengan demikian, Anda memastikan tangan tetap bersih.

 

Namun, perlu diingat bahwa sering mencuci tangan dan terpapar kadar alkohol tinggi dapat menyebabkan kulit tangan kering. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan krim tangan atau moisturizer.

 

Mengubah kebiasaan memang bukan hal yang mudah. Mulai saat ini, ada baiknya selalu menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker yang dibeli dari toko jual masker kain, dan menjaga jarak.  Dengan demikian, Anda dapat membantu diri Anda sendiri serta menekan penularan Covid-19.

Post a Comment

0 Comments