Bagaimana Memilih Popok Sekali Pakai yang Baik Untuk Buah Hati?

Bagi bayi yang baru lahir atau anak yang belum bisa buang air di toilet, maka penggunaan popok sangat diharuskan. Fungsinya yang sangat penting membuat Bunda harus bisa memilih rekomendasi popok sekali pakai terbaik yang nyaman digunakan oleh Si Kecil. Bunda perlu tahu kebutuhan Si Kecil dan cara memilih popok berkualitas.



Pilih Popok Perekat atau Popok Celana?

Popok sekali pakai untuk bayi ada dua jenis, popok perekat dan popok celana. Masing-masing jenis popok sekali pakai tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa perbedaan antara popok perekat dan popok celana, yaitu:

1.   Popok perekat

Popok perekat dilengkapi tape atau perekat yang ditempel pada tubuh bayi. Umumnya, popok jenis ini banyak digunakan untuk bayi yang baru lahir sampai usia 4 bualan. Pada usia tersebut bayi belum banyak bergerak, sehingga mudah dipakaikan popok perekat.

Popok perekat bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh bayi, sehingga bayi yang masih kecil akan lebih nyaman menggunakan popok perekat. Jika dibandingkan dengan popok celana, popok perekat dijual dengan harga yang lebih murah.

2.   Popok celana

Popok celana merupakan sebuah inovasi baru yang telah ada sejak beberapa tahun ke belakang. Model popok ini dibuat seperti celana dalam dan sangat mudah untuk dipakaikan. Popok celana sangat cocok digunakan untuk bayi yang mulai aktif, kira-kira usia  6 bulan ke atas. Kelebihan popok celana adalah pemakaiannya yang praktis dan ukuran fit ke pinggang bayi.

Cara Memilih Popok yang Cocok Untuk Si Kecil

Popok adalah kebutuhan yang sangat penting, sehingga Bunda harus bisa memilih popok yang berkualitas. Berikut merupakan cara memilih popok yang cocok dan sesuai untuk kebutuhan Si Kecil, yaitu:

·       Pilih popok dengan bahan yang lembut dan bersirkulasi udara

Terlalu lama menggunakan popok akan membuat kulit Si Kecil lembap dan panas. Bunda perlu memilih popok dengan lapisan yang lembut dan bersirkulasi udara.

Popok Merries dilengkapi dengan terowongan udara yang akan membuat sirkulasi udara tetap lancar di dalam popok https://merries.co.id/community-parenting/umum/rekomendasi-popok-sekali-pakai-yang-perlu-moms-pilih.

·       Pilih popok yang tahan bocor dengan daya serap maksimal

Popok sekali pakai yang berkualitas harus memiliki kemampuan daya serap yang tinggi dan daya tampung yang banyak. Daya serap yang tinggi akan membuat popok tetap kering dalam beberapa waktu, sehingga kulit bayi tidak mengalami iritasi akibat lembap.

·       Pilih popok dengan ukuran yang tepat

Saat membeli popok Bunda perlu memastikan bahwa ukuran popok tersebut tepat untuk Si Kecil. Jangan sampai popok yang digunakan terasa sempit atau longgar yang akhirnya membuat Si Kecil merasa tidak nyaman. Popok dengan ukuran yang tepat akan lebih menjaga Si Kecil ketika ia banyak bergerak.

Ketika anak belum siap melakukan toilet training maka Bunda perlu mendampinginya dengan sabar. Selain itu, Bunda juga perlu memastikan agar anak tetap nyaman menggunakan popok terutama saat bepergian. Bunda bisa mulai membiasakan anak yang melakukan toilet training untuk lepas dengan popok secara bertahap.

Post a Comment

0 Comments